Langsung ke konten utama

Membuat Kartu Nama dengan CorelDraw X7


Didalam dunia bisnis atau dunia kerja, Kartunama merupakan sarana paling tepat, efektif dan efisien untuk merangkai dan memuat berbagai informasi tentang bisnis atau usaha di dalam satu lembar kertas kecil dengan ketebalan berkisar antara 190gr – 260gr dan umumnya di Indonesia standard ukuran Kartunama yakni 54mm x 89mm.


Sebagai tanda pengenal/ profil diri maupun perusahaan, hal-hal yang tercantum dalam Kartunama minimal memberikan sedikit informasi awal berupa nama usaha dan logo, nama person, alamat, telepon, e-mail, website dan produk/ layanan. Desain Kartunama harus sesuai dengan karakter yang diwakili, dalam hal ini perorangan maupun perusahaan sehingga bisa meningkatkan image profesionalnya. Untuk itu, Kartunama harus menunjukkan siapa pemiliknya dan memberikan informasi mengenai segala hal yang bisa dilakukan oleh pemilik dan juga layanan yang bisa diberikan di masa mendatang.

Kita akan membuat kartu nama seperti contoh diatas. Berikut ini langkah-langkah pembuatan kartu nama sederhana.

1.  Persiapkan lembar kerja baru pada CorelDRAW. Tekan Ctrl+N, setting ukuran kertas menjadi 32x48cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang biasa digunakan dalam mencetak kartu nama.

2.    Setalah terbuka lembar kerja baru, buatlah sebuah persegi dengan ukuran 9x5,5cm. Lalu ketik semua isi yang akan dicantumkan pada kartu nama tersebut. Misalnya, nama, kontak, alamat kantor, dll.

3.   Lanjutkan dengan menambahkan logo, gambar, icon sosmed. Kalian bisa browsing icon sosmed di internet. Dan untuk logo tentunya sudah kalian persiapkan terlebih dahulu.
4.    Atur tata letak sedemikian rupa sampai terlihat menarik, dan tentunya tidak lupa agar kartu nama tersebut bisa dengan mudah dibaca atau dipahami oleh semua orang. 
5.   Finish. Kalian harus mencoba lagi beberapa desain kartu nama yang berbeda. Agar kalian dapat lebih terbiasa bekerja dengan CorelDRAW.
 

 Kunjungi juga galerry ABUD Creative Design www.abudcreative.com



 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGGAMBAR DENGAN PAINT TOOLS: Color Picker

Setiap aplikasi pengolah image pasti memiliki fasilitas Paint Tools. Seperti halnya pada GIMP dengan fasilitas Paint Tools yang memiliki banyak manfaat untuk mengolah dan memberi nuansa pada image yang anda buat.
Gbr 1. Yang termasuk dalam Paint Tools


        Color Picker digunakan untuk memilih warna pada image dan juga untuk mengisi daerah yang memiliki kemiripan warna pada tempat anda menekan mouse. Pada contoh dibawah ini saya ingin menghilangkan background pada image dengan Color Picker (O) dan Paintbrush (B).
Gbr 2. Gambar awal (Avril Lavigne)

Aktifkan tombol Color Picker dan pilih warna biru pada gambar (Gbr 2). Perhatikan bahwa pada Tool Foreground and Background yang semula berwarna default (hitam putih) sekarang menjadi biru sesuai dengan warna yang anda pilih.

Gbr 3. Foreground and Background Color

        Sekarang aktifkan Paintbrush Tools (B). sapukan pada gambar gedung sebagai latar. Apa yang terjadi, warna biru menggantikan gambar latar gedung seperti terlihat pada ga…

Ini Dia Bedanya Undangan Blanko dan Custom Design

Bedanya Undangan Blanko & Custom --- Banyak sekali yang masih bingung mengenai apa itu undangan blanko dan undangan custom. Secara singkat, undangan blanko itu undangan yang sudah siap template atau kertasnya dan kita tinggal print atau sablon isinya. Sedangkan undangan custom itu undangan yang kita mulai membuatnya dari awal. Mulai dari bikin konsep, desain, cetak, sampai finishing. Jadi undangan custom lebih diuntungkan karena kita bisa menerapkan keinginan kita. Beda dengan blanko yang sudah disediakan templatenya. Kita nggak bisa untuk merubah desainnya walaupun hanya sekedar merubah warna misalnya.
Oke, itu dari segi cetak atau proses. Bagaimana dari segi harga? Tentu saja sangat berbeda. Undangan custom jauh lebih mahal dibandingkan dengan undangan blanko. Namanya juga sesuai permintaan kita, jadi sudah jelas yang namanya custom atau sesuai pesanan itu pasti lebih mahal dibandingkan dengan produk jadi. Dan biasanya undangan custom itu harganya ditentukan dari jumlah cetak. J…

Membuat Clone Pada CorelDraw X4

Dalam tutorial sederhana ini saya menggunakan CorelDraw X4. Bagi yang belum mengetahui, perintah Edit > Clone memiliki keunikan tersendiri. Objek yang dapat di-cloning hanyalan objek aslinya. Jadi, jika Anda sudah membuat clone dari suatu objek, hasil clone itu tidak dapat di-cloning ulang. Hasil clone dapat di duplikasi atau di copy seperti objek yang lain.



Pada proses cloning Anda akan timbul objek master (objek asli yang telah di-cloning) dan hasil clone. Jika Anda mengubah sesuatu pada objek master, maka hasil clone akan mengikuti. Sebaliknya, jika Anda mengubah hasil clone, maka objek master tidak terpengaruh. Konsep ini sama persis diterapkan pada proses pembuatan symbol dan Instance yang nanti akan Anda pelajari pada tutorial berikutnya.