Langsung ke konten utama

Membuat Daftar Isi pada MS.Word 2007

Tutorial kali ini aku persembahkan untuk seorang teman yang mungkin masih bingung mengenai cara pembuatan daftar isi menggunakan MS.Word 2007. Semoga setelah membaca tutorial saya ini, maka tidak akan lagi bingung untuk membuat daftar isi dengan MS.Word 2007.

Oke langsung saja ya?

Pertama, dalam contoh ini akan dibuat dokumen baru (Ctrl+N) atau klik menu File > New.
Kedua, ketikkan contoh isi dari halaman daftar isi. Lalu klik pada ruler (penggaris) pada ukuran 15cm. Hal ini bertujuan untuk tempat pemberhentian Tabs.




























Ketiga, klik tab Paragraph > Pilih Tabs. Set untuk option no.2 (.......) lalu OK.




































































Keempat, letakkan kursor pada akhir kata lalu tekan tombol Tab pada keyboard. Maka kursor akan berhenti pada urutan ke 15cm dari penggaris dan akan menimbulkan titik-titik hasil Tabs.























Sekian tutorial Membuat Daftar Isi dengan MS.Word 2007. Semoga bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGGAMBAR DENGAN PAINT TOOLS: Color Picker

Setiap aplikasi pengolah image pasti memiliki fasilitas Paint Tools. Seperti halnya pada GIMP dengan fasilitas Paint Tools yang memiliki banyak manfaat untuk mengolah dan memberi nuansa pada image yang anda buat.
Gbr 1. Yang termasuk dalam Paint Tools


        Color Picker digunakan untuk memilih warna pada image dan juga untuk mengisi daerah yang memiliki kemiripan warna pada tempat anda menekan mouse. Pada contoh dibawah ini saya ingin menghilangkan background pada image dengan Color Picker (O) dan Paintbrush (B).
Gbr 2. Gambar awal (Avril Lavigne)

Aktifkan tombol Color Picker dan pilih warna biru pada gambar (Gbr 2). Perhatikan bahwa pada Tool Foreground and Background yang semula berwarna default (hitam putih) sekarang menjadi biru sesuai dengan warna yang anda pilih.

Gbr 3. Foreground and Background Color

        Sekarang aktifkan Paintbrush Tools (B). sapukan pada gambar gedung sebagai latar. Apa yang terjadi, warna biru menggantikan gambar latar gedung seperti terlihat pada ga…

Ini Dia Bedanya Undangan Blanko dan Custom Design

Bedanya Undangan Blanko & Custom --- Banyak sekali yang masih bingung mengenai apa itu undangan blanko dan undangan custom. Secara singkat, undangan blanko itu undangan yang sudah siap template atau kertasnya dan kita tinggal print atau sablon isinya. Sedangkan undangan custom itu undangan yang kita mulai membuatnya dari awal. Mulai dari bikin konsep, desain, cetak, sampai finishing. Jadi undangan custom lebih diuntungkan karena kita bisa menerapkan keinginan kita. Beda dengan blanko yang sudah disediakan templatenya. Kita nggak bisa untuk merubah desainnya walaupun hanya sekedar merubah warna misalnya.
Oke, itu dari segi cetak atau proses. Bagaimana dari segi harga? Tentu saja sangat berbeda. Undangan custom jauh lebih mahal dibandingkan dengan undangan blanko. Namanya juga sesuai permintaan kita, jadi sudah jelas yang namanya custom atau sesuai pesanan itu pasti lebih mahal dibandingkan dengan produk jadi. Dan biasanya undangan custom itu harganya ditentukan dari jumlah cetak. J…

Membuat Clone Pada CorelDraw X4

Dalam tutorial sederhana ini saya menggunakan CorelDraw X4. Bagi yang belum mengetahui, perintah Edit > Clone memiliki keunikan tersendiri. Objek yang dapat di-cloning hanyalan objek aslinya. Jadi, jika Anda sudah membuat clone dari suatu objek, hasil clone itu tidak dapat di-cloning ulang. Hasil clone dapat di duplikasi atau di copy seperti objek yang lain.



Pada proses cloning Anda akan timbul objek master (objek asli yang telah di-cloning) dan hasil clone. Jika Anda mengubah sesuatu pada objek master, maka hasil clone akan mengikuti. Sebaliknya, jika Anda mengubah hasil clone, maka objek master tidak terpengaruh. Konsep ini sama persis diterapkan pada proses pembuatan symbol dan Instance yang nanti akan Anda pelajari pada tutorial berikutnya.