Langsung ke konten utama

Mengenal Selection Tools

Selection tool adalah fasilitas mendasar pada GIMP untuk memilih atau menyeleksi area yang diinginkan pada image yang nantinya akan dilakukan pengeditan atau proses selanjutnya.



Ada 6 macam Selection Tool yang ada pada GIMP, yaitu:

  1. Rectangel selection tools
  2. Elliptical selection tools
  3. Freehand selection tools
  4. Fuzzy select
  5. Path selection tools
  6. Intellegent scissors

Saat Anda melakukan seleksi akan muncul titik-titik pembatas area seleksi yang berkedip-kedip.

  1. Rectangle selection tools (R)
 

Gbr 1. Bentuk area seleksi menggunakan Rectangle 
2. Elliptical Selection Tools (E)


  1. Gbr 2. Bentuk area seleksi menggunakan Elliptical

    TIPS:
  • Tekan Shift untuk menambah area seleksi
  • Tekan Ctrl untuk mengurangi seleksi yang telah dibuat
  • Tekan Ctrl dan Shift apabila Anda ingin membuat perpotongan antara sisi seleksi yang satu dengan sisi seleksi yang lain

3. Freehand Selection Tools (F)

Gbr. 3 Bentuk area seleksi menggunakan elliptical

Freehand Selection Tools ini cara penggunaanya sama seperti menggunakan Pencil Tools. Yaitu dengan klik dan drag bebas pada area yang diinginkan. 


4. Fuzzy Select (U)

    Gbr. 4 Bentuk area seleksi menggunakan Fuzzy Select

    Tools ini berfungsi untuk menyeleksi image berdasarkan warna. Seperti contoh diatas, warna yang ada pada background (yang sama warnanya) akan terseleksi begitu mouse di klik pada warna serupa.


    5. Path Selection Tools (B)


    Gbr. 5 Bentuk area seleksi menggunakan Path Tools

    Path tools memiliki fungsi penting. Seperti membuat seleksi garis lurus, garis lengkung dan sebagainya. Cukup klik sekali dan klik lagi pada posisi atau tempat yang diinginkan. Akan muncul suatu titik-titik dari hasil klik mouse Anda. Tekan Ctrl untuk menutup path.
      

    6. Intelligent Scissors (I)

      Gbr. 5
      Bentuk area seleksi menggunakan Intelligent Scissors
        

      Tools ini sekilas seperti Path Tools. Tapi dalam menggunakan tool ini harus dengan teliti dan hati-hati karena path dari seleksi yang dihasilkan gampang berubah arah.
      Buatlah area seleksi, dan setelah selesai tekan Alt untuk menutup path.



      Untuk download tutorial format PDF klik disini

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      MENGGAMBAR DENGAN PAINT TOOLS: Color Picker

      Setiap aplikasi pengolah image pasti memiliki fasilitas Paint Tools. Seperti halnya pada GIMP dengan fasilitas Paint Tools yang memiliki banyak manfaat untuk mengolah dan memberi nuansa pada image yang anda buat.
      Gbr 1. Yang termasuk dalam Paint Tools


              Color Picker digunakan untuk memilih warna pada image dan juga untuk mengisi daerah yang memiliki kemiripan warna pada tempat anda menekan mouse. Pada contoh dibawah ini saya ingin menghilangkan background pada image dengan Color Picker (O) dan Paintbrush (B).
      Gbr 2. Gambar awal (Avril Lavigne)

      Aktifkan tombol Color Picker dan pilih warna biru pada gambar (Gbr 2). Perhatikan bahwa pada Tool Foreground and Background yang semula berwarna default (hitam putih) sekarang menjadi biru sesuai dengan warna yang anda pilih.

      Gbr 3. Foreground and Background Color

              Sekarang aktifkan Paintbrush Tools (B). sapukan pada gambar gedung sebagai latar. Apa yang terjadi, warna biru menggantikan gambar latar gedung seperti terlihat pada ga…

      Liburan Ke Pantai Kutang

      Pertama, post kali ini telat banget. Kenapa? Karena harusnya selesai liburan waktu itu langsung aku post. Tapi berhubung dengan segala macam kesibukanku, akhirnya baru hari ini bisa post.

      Pantai Kutang?
      Kok gitu sih namanya?
      Beneran ada? Jangan-jangan hoax tuh? Lu nipu gua yah?
      Emang dimana tempatnya?
      Oke, aku coba jawab satu persatu ya. Ini pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh temen2 baik di IG, FB, ato di lingkungan sekitar.

      Berawal dari kejenuhan atas rutinitas sehari-hari. Temenku si Awan (Andre Setyawan ; namanya aku singkat jadi Awan aja yah, lhah biar gak bingung aja, sama-sama Andre namanya) ngajakin liburan tipis-tipis ke Pantai Kutang Lamongan. Dia sendiri belum pernah datang ke tempat tersebut. Tapi banyak yang bilang pantainya lumayan lah, namanya juga liburan tipis-tipis. Aku sih ngikut aja lah, jujur aku jarang piknik, sibuk banget tiap hari ngurusin kerjaan. Lagipula kan judulnya "Liburan Tipis-tipis". Apalagi si Awan ngomong dengan mantabnya soal rencana libu…